Merancang Dapur Multifungsi, Solusi Ruang Terbatas

Dapur Bisa Difungsikan Bukan Hanya Untuk Memasak, Namun Bisa Digunakan Sebagai Area Makan Dan Kebutu

Lahan hunian rumah semakin lama semakin mengecil karena keterbatasan lahan tanah yang membuat orang kini jarang untuk membeli hunian dengan ukuran yang luas. Tentunya hal ini berpengaruh terhadap kondisi ruangan di rumah dari kamar tidur hingga ruang dapur. Dapur merupakan bagian terpenting karena dapat mendukung aktivitas masak seseorang. Jika dapur sempit dan terbatas maka Anda tidak akan memasak dengan maksimal. 

Untuk itu Anda perlu memikirkan desain dapur agar dapat terfungsi kan dengan baik untuk hunian Anda. Sehingga dapur bisa difungsikan bukan hanya untuk memasak, namun bisa digunakan sebagai area makan dan kebutuhan lainnya. Ada baiknya jika lahan terbatas, Anda memanfaatkan satu ruang yang bisa difungsikan sebagai ruang multifungsi. Namun jangan sampai ruangan tersebut menjadi penuh dan sesak. Untuk menerapkannya pada hunian Anda, berikut merancang desain dapur multifungsi untuk solusi ruang terbatas.

Perhatikan Ukuran

Setiap orang memiliki standar dapur yang berbeda disesuaikan dengan aktivitas dan kebutuhannya. Jika pemilik rumah tidak gemar memasak maka ruangan yang dibutuhkan tidak terlalu besar, namun jika pemilik rumah gemar memasak ruangan yang dibutuhkan juga harus besar dan senyaman mungkin. Kemudian, Anda harus memikirkan ukuran yang tepat agar perabot dan peralatan dapur tidak membuat sesak. Seperti kulkas, microwave, oven dan lainnya. 

Single atau L

Model desain dapur juga menjadi faktor penting untuk membuat dapur multifungsi yaitu model desain I (single line) atau L. Dapur dengan model L memiliki kitchen set dengan dua garis yang salah satunya lebih pendek. Bagian yang lebih tinggi digunakan untuk memasak dan meracik, sedangkan yang pendek digunakan sebagai area makan. 

Berikut Inspirasi Untuk Desain Dapur Multifungsi:

Dapur dan Area Makan

Anda bisa menjadikan area dapur juga sebagai ruang makan. Dengan meletakkan table island, kemudian tambahkan kursi bar sebagai tempat duduk. Satu sisi digunakan untuk memasak dan satu sisi digunakan sebagai meja makan. Jika ingin menghemat tempat, Anda bisa menggunakan meja lipat dengan roda, bisa dibuka dan dipindahkan ketika ingin digunakan. Dan jika sudah tidak digunakan bisa dilipat lagi. Selain dijadikan area makan, bisa digunakan untuk keperluan lain untuk meletakkan bahan makanan. Dan usahakan untuk gunakan meja yang bisa diperpanjang, sehingga ketika banyak tamu yang datang bisa semakin diperbesar.

Dapur dan Area Cuci

Jika ingin membuat ruang multifungsi antara dapur dan mesin cuci bisa dilakukan. Anda harus meletakkan mesin cuci di area dapur maka Anda perlu meletakkannya di area dengan sirkulasi yang lebih luas. Jika Anda meletakkan di area sempit maka akan menyulitkan aktivitas memasukan dan mengeluarkan pakaian dari mesin cuci. Sediakan ruang dengan tinggi dan lebar yang cukup, dan gunakan model mesin cuci front loading. 

Banyak sekali ide dan cara kan untuk menjadikan ruang kalian lebih multifungsi dan menghemat tempat kan? Hanya bersama Velospace and Co, Anda akan dapatkan inspirasi desain yang tidak pernah terpikirkan bisa membuat rumah kalian lebih nyaman.

 

Sumber:

https://blog.bluprin.com/tepat-merancang-dapur-multifungsi

http://www.carrofotos.com/img/2018/04/minimalist-kitchen-design-with-white-island-and-grey-top-under-dark-drum-shaded-lamp-above-flooring-floor-to-ceiling-glass-window-interior-designs-in-photos-cabinets-kerala-style-f-1160x754.jpg


Yuk tunggu apalagi, Nikmati kemudahan wujudkan hunian impian bersama Velospace & co.

Daftar Sekarang!